hmmmm kali ini gue dapet tutorial yang ga'kalah asik untuk di coba nih ama temen-teman yang lagi belajar bikin animasi...animasinya itu bikin salju-salju gitu deh... :)
Efek salju yang akan kita buat ini menggunakan metode attach movie yaitu dengan memasukkan atau memanggil movie clip yang telah dibuat dengan actionscript.
- Langkah pertama kita buat sebuah flash document.
- Agar memudahkan dalam pembuatan objek kita atur dulu warna background yang digunakan. Pada stage klik kanan kemudian klik document properties lalu pilih warna selain putih.
- Selanjutnya kita buat sebuah lingkaran kecil berwarna putih dengan menggunakan oval tool tanpa line atau garis.
- Kemudian seleksi lingkaran yang kita buat tadi dan tekan F8. Masukkan “salju” sebagai name dan movie clip sebagai tipe serta pilih titik registrationnya tepat di bagian tengah.
- Kita hapus objek tersebut dari stage lalu tekan Ctrl+L untuk memunculkan library pada bagian kanan stage. Pada movie clip salju di panel library kita klik kanan dan pilih linkage.
- Beri tanda centang/contreng pada Export for ActionScript maka identifier akan secara otomatis memberikan nama “salju”.
- Ganti warna background seperti warna background awal dengan menggunakan cara seperti langkah no.2.
- Kemudian kita buat sebuah persegi berwarna biru tanpa garis sesuai ukuran stage dan letakkan di tengah stage tersebut.
- Klik frame 1 pada layer 1 dan tekan F9. Lalu akan muncul panel actions dan kita masukkan script berikut.
//membuat variable bernama jumlah_animasi dengan nilai 0
jumlah_animasi = 0;
//perintah yang dijalankan ketika frame ini dimainkan
onEnterFrame = function () {
//jika jumlah_animasi kurang dari 30
if (jumlah_animasi<30) {
//memasukkan movie clip berlinkage salhu ke dalam stage dengan instance name salju pada posisi x sama dengan nilai acak panjang stage dan posisi y sama dengan 0
salju = attachMovie(“salju”, “salju”+_root.getNextHighestDepth(), _root.getNextHighestDepth(), {_x:random(Stage.width), _y:0});
//nilai ukuran salju sama dengan nilai acak 30 ditambah 60
salju._xscale = salju._yscale=random(30)+60;
//membuat variable kecepatan di dalam movie clip salju dengan nilai acak 10 ditambah 2
salju.kecepatan = random(6)+2;
//varibale jumlah_animasi ditambah 1
jumlah_animasi += 1;
//perintah yang dijalankan ketika frame movie clip salju dimainkan
salju.onEnterFrame = function() {
//koordinat y movie clip ini ditambah nilai variable kecepatan movie clip ini
this._y += this.kecepatan;
//jika nilai koordinat y movie clip ini lebih dari nilai lebar stage
if (this._y>Stage.height) {
//hapus movie clip ini dari stage
this.removeMovieClip();
//nilai variable jumlah_animasi dikurangi 1
jumlah_animasi -= 1;
}
};
}
};
10. Tekan Ctrl+Enter untuk melihat hasilnya.
0 komentar:
Posting Komentar