Senin, 08 November 2010

TUTORIAL ANIMASI FLASH

MEMBUAT ANIMASI EFEK SALJU


hmmmm kali ini gue dapet tutorial yang ga'kalah asik untuk di coba nih ama temen-teman yang lagi belajar bikin animasi...animasinya itu bikin salju-salju gitu deh... :)


Efek salju yang akan kita buat ini menggunakan metode attach movie yaitu dengan memasukkan atau memanggil movie clip yang telah dibuat dengan actionscript.
  1. Langkah pertama kita buat sebuah flash document.
  2. Agar memudahkan dalam pembuatan objek kita atur dulu warna background yang digunakan. Pada stage klik kanan kemudian klik document properties lalu pilih warna selain putih.
  3. Selanjutnya kita buat sebuah lingkaran kecil berwarna putih dengan menggunakan oval tool tanpa line atau garis.
  4. Kemudian seleksi lingkaran yang kita buat tadi dan tekan F8. Masukkan “salju” sebagai name dan movie clip sebagai tipe serta pilih titik registrationnya tepat di bagian tengah.
  5. Kita hapus objek tersebut dari stage lalu tekan Ctrl+L untuk memunculkan library pada bagian kanan stage. Pada movie clip salju di panel library kita klik kanan dan pilih linkage.
  6. Beri tanda centang/contreng pada Export for ActionScript maka identifier akan secara otomatis memberikan nama “salju”.
  7. Ganti warna background seperti warna background awal dengan menggunakan cara seperti langkah no.2.
  8. Kemudian kita buat sebuah persegi berwarna biru tanpa garis sesuai ukuran stage dan letakkan di tengah stage tersebut.
  9. Klik frame 1 pada layer 1 dan tekan F9. Lalu akan muncul panel actions dan kita masukkan script berikut.

//membuat variable bernama jumlah_animasi dengan nilai 0
jumlah_animasi = 0;
//perintah yang dijalankan ketika frame ini dimainkan
onEnterFrame = function () {
//jika jumlah_animasi kurang dari 30
if (jumlah_animasi<30) {
//memasukkan movie clip berlinkage salhu ke dalam stage dengan instance name salju pada posisi x sama dengan nilai acak panjang stage dan posisi y sama dengan 0
salju = attachMovie(“salju”, “salju”+_root.getNextHighestDepth(), _root.getNextHighestDepth(), {_x:random(Stage.width), _y:0});
//nilai ukuran salju sama dengan nilai acak 30 ditambah 60
salju._xscale = salju._yscale=random(30)+60;
//membuat variable kecepatan di dalam movie clip salju dengan nilai acak 10 ditambah 2
salju.kecepatan = random(6)+2;
//varibale jumlah_animasi ditambah 1
jumlah_animasi += 1;
//perintah yang dijalankan ketika frame movie clip salju dimainkan
salju.onEnterFrame = function() {
//koordinat y movie clip ini ditambah nilai variable kecepatan movie clip ini
this._y += this.kecepatan;
//jika nilai koordinat y movie clip ini lebih dari nilai lebar stage
if (this._y>Stage.height) {
//hapus movie clip ini dari stage
this.removeMovieClip();
//nilai variable jumlah_animasi dikurangi 1
jumlah_animasi -= 1;
}
};
}
};



10. Tekan Ctrl+Enter untuk melihat hasilnya.




0 komentar:

Posting Komentar